Siklus Menstruasi Tidak Lancar

Siklus Menstruasi Tidak LancarSiklus haid biasanya dimulai pada wanita muda umur 12-15 tahun (menarche) yang terus berlanjut sampai umur 45-50 tahun (menopause). Kerja hormon-hormon ovarium (estrogen dan progesteron) di bawah rangsang hormon lobus anterior hipofisis menyebabkan modifikasi struktur endometrium yang disebut siklus menstruasi. Lama (durasi) siklus sangat bervariasi, pada umumnya rata-rata 28 hari. Dalam praktek awal siklus dicatat pada saat munculnya “darah” menstruasi yaitu desquamasi endometrium, serpihan pembuluh darah dan darah. Fase siklus menstruasi, sebagai berikut : hari pertama sampai keempat sebagai fase menstruasi, hari kelima sampai keempat belas fase proliferasi dan hari kelima belas sampai hari kedua puluh delapan sebagai fase sekresi (luteal).

Siklus Menstruasi Tidak Lancar

Siklus Menstruasi Tidak Lancar

Pentingnya mengamati perjalanan siklus menstruasi setiap wanita agar dapat diusahakan pengaturan siklus apabila terjadi gangguan proses menstruasinya dan tidak mengalami yang namanya siklus menstruasi tidak lancar. Dalam praktek biostimulasi dengan sinar laser dapat dibantu ketepatan waktu agar menstruasi wanita teratur setiap bulannya setelah mempelajari terlebih dahulu pola siklus menstruasinya.

Salah satu hal yang menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar pada wanita adalah akibat stres emosional. Stres emosional yang terjadi dengan kasus yang berat misalnya akibat dari pekerjaan kantor yang terlalu menuntu, menghadapi ujian semester, akibat kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai. Hal ini juga pada akhirnya akan menyebabkan pendarahan yang terjadi menjadi tidak teratur, karena disaat sedang terjadi hal ini maka tubuh akan menghasilkan hormon stres yang akan mempengaruhi pengeluaran atau sekresi dari hormon menstruasi.

Selain stres berlebihan, penyebab siklus menstruasi tidak lancar adalah akibat melakukan aktivitas yang berlebihan. Aktivitas yang berlebihan ini akan menimbulkan suatu ganguan pada kelenjar hipotalamus yang pada akhirnya akan mempengaruhi hormon menstruasi.

Kehamilan adalah salah satu penyebab umum mengapa menstruasi tidak lancar. Pada usia reproduksi biasanya siklus menstruasi tidak lancar berhubungan dengan terjadinya kehamilan pada wanita. Dan jika periode atau siklus haid ini terlewat8i, maka tes kehamilan bisa Anda lakukan. Kadang juga kehamilan bisa terjadi pada mereka yang memasuki usia perimenopause atau mendekai masa menpopause wanita. Dan sementara jika pendarahan yang terjadi melebihi dari batas waktu biasanya, maka bisa jadi kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Siklus menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur juga merupakan salah satu gejala umum yang biasanya sering terjadi setelah persalinan. Dan sementara itu, pemberian ASI pada bayi juga akan menyebakan waktu menstruasi Anda menjadi lebih terhambat dan hal ini merupakan suatu hal yang terjadi dan bukan suatu masalah yang harus dipusingkan.

Berat badan yang naik dengan drastis atau terjadinya penurunan pada berat badan juga bisa menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi menjadi tidak lancar dan tidak teratur. Kenaikan berat badan akan menunjukkan terjadinya gangguan pada tiroid. Dan gangguan pada tiroid yang terjadi biasanya merupakan suatu hal yang wajar pada wanita yang mengalami kenaikan berat badan, mengalami siklus haid tidak teratur, lesu serta gejala lainya. Oleh sebab  itulah perlunya mengontrol berat badan agar tidak berlebihan atau mengalami obesitas juga merupakan suatu hal yang baik untuk mengatasi masalah siklus menstruasi tidak lancar.

Pada wanita-wanita yang keluhan menstruasinya tidak teratur waktunya dapat dibantu pengaturan siklus menstruasi dengan biostimulasi.  Namun ada cara lain yang dapat membuat fase menstruasi tidak lancar menjadi lancar dengan mengonsumsi bahan herbal alami yang tidak memberikan efek samping untuk kesehatan organ tubuh yang lainnya. Haid atau menstruasi bagi sebagian wanita akan menyebabkan rasa nyeri pada perut. Untuk mengatasinya cobalah minum ramuan tradisional ini. Ambil kunyit tua kemudian kupas kulitnya. Cuci hingga bersih, kemudian blender atau parut kunyit. Tambahkan air, asam kawak (asam jawa yang tua) dan gula merah. Peras dan saring airnya. Minum secara rutin 3 hingga 4 kali selama menstruasi. Nyeri akan hilang dan haid menjadi lancar. Selain kunyit, ada bahan alami lain yang dapat mengatasi siklus menstruasi tidak lancar, yaitu rumput jeboran.

Rumput jeboran ini merupakan herba dengan tinggi 20-60 cm. Batang bulat, tegak atau menjalar, lunak beruas-ruas, warna hijau. Daun tunggal, tumbuh berseling, berbentuk lanset, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi rata, pertulangan sejajar, permukaan halus panjang 3-9 cm, lebar 1-4 cm, warna hijau. Bunga majemuk, memiliki 2-3 cabangm tumbuh di ujung cabang atau diketiak daun. Memiliki tiga kelopak berukuran panjang 3-4 mm. Panjang bunga 0,5-1 cm, dan warna ungu. Biji berbentuk jala yang menonjol warna itam, akar serabut warna putih. Khasiat dan manfaat dari rumput jeboran ini adalah untuk sebagai pelancar siklus menstruasi tidak lancar , demam, sakit kepala, peluruh keringat, meredakan pening dan secara tidak langsung dapat meredakan sakit hipertensi. 

Siklus Menstruasi Tidak Lancar

 


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi Tidak Lancar and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *