PMS Sebelum Menstruasi

PMS Sebelum Menstruasi  – Dua minggu sampai sehari menjelang masa menstruasi umumnya wanita mengalami ketidaknyamanan fisik maupun emosional. Hal ini dinamakan dengan Premsntrual Syndrome alias PMS sebelum menstruasi. Sering juga disebut dengan sindrom-pramenstruasi. Ketidaknyamanan itu dapat berupa jerawat, perut kembung, sakit kepala, nyeri punggung, payudara mengeras, diare, depresi, mudah bête, tidak dapat berkosentrasi, dan stress. PMS sebelum menstruasi paling parah biasanya terjadi selama tujuh hari sebelum menstruasi datang, lalu menyurut dengan sendirinya saat masa menstruasi berlangsung. Beberapa hal yang dirasakan wanita saat mengalami masa PMS adalah kram perut. Kram perut ini disebabkan oleh hormon prostaglandin merangsang uterus berkontraksi untuk bersiap-siap menerima perkembangan janin, jika telur terbuahi oleh sperma.

PMS Sebelum Menstruasi

PMS Sebelum Menstruasi

Tanda PMS sebelum menstruasi yang lain adalah kembung. Menjelang menstruasi tubuh Anda terkadang menyimpan lebih banyak air dari biasanya sehingga Anda merasa perut Anda menjadi kembung. Payudara yang mengeras dan juga terasa sakit, hal ini disebabkan karena perubahan tingkat hormon. Cairan akan mengumpul di payudara. Payudara menjadi lebih keras dan terasa lebih berat. Tidak apa-apa, karena perasaan ini juga akan segera hilang saat menstruasimu selesai.

Keadaan PMS sebelum menstruasi dan waktunya pada setiap wanita tidak selalu sama. Ada wanita yang merasa sangat sakit sampai menderita kram dan tidak bisa beraktivitas, sementara wanita lain merasa sakit pada bagian bawah perut dan masih bisa beraktivitas. Ada juga wanita yang pada bulan lalu merasa sangat menderita sakitnya ketika mengalami PMS, tetapi pada bulan ini tidak begitu terasa sakitnya. Rasa sakit ini berbeda-beda pada setiap orang atau waktu, juga ambang sakitnya.

Sampai saat ini penyebab PMS sebelum menstruasi belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Biasnaya gejalatersebut akan terasa berat pada saat menjelang datangnya menstruasi dan akan hilang saat menstruasi muncul atau sesudah menstruasi berhenti. Beberapa ahli mengatakan semua gejala tersebut berhubngan dengan perubahan kadar hormon estrogen dan progerstron pada siklus menstruasi. Menurut ahli lain memperkirakan gangguan menjelang menstruasi berhubungan dengan masalah psikis. Misalnya wanita menganggap masa menstruasu sebagai beban sehingga tanpa sadar ia ingin menolaknya. Namun gangguan ini bisa juga merupakan pertanda dari penyakit yang serius seperti endometriosis, kista, atau angioma uteri, atau dnaya infeksi sekitar rahim.

PMS sebelum menstruasi ditandai dengan sakit pada perut bagian bawah berupa mules, kram, bahkan ada yang sampai mual, muntah, pusing dan pingsan. Beberapa wanita mengalami ganguan yang luar biasa menjelang dan saat menstruasi berlangsung hingga mereka tidak bisa melakukan keguatannya sehari-hari. Rasa sakit itu muncul dalam bentuk nyeri yang sangat dibagian perut, bahkan ada yang sampai kram perut.

Gangguan menstruasi yang terjadi selain diatas akibat PMS sebelum menstruasi, ada suatu masalah yang sering terjadi pada wanita yakni adalah menstruasi tidak lancar. Menstruasi tidak lancar ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Dibawah ini ada beberapa hal yang membuat menstruasi tidak lancar adalah :

  1. Stres oksiidatif
    Terdapatnya radikal bebas yang banyak di dalam tubuh biasanya disebabkan karena emosi seseorang yang tidak stabil. Tekanan yang terjadi pada jiwa serta psikologis, beban mental, kecemasan berlebihan dan juga akibat khawatir yang berlebihan.
  2. Kelelahan
    Biasanya penyebab menstruasi tidak lancar adalah karena aktivitas fisik yang berlebihan dan menguras tenaga, misalnya adalah seperti melakukan beban latihan seperti olahraga dengan frekuensi sering dan porsi yang berlebihan yang bisa mempengaruhi siklus haid bulanan menjadi terganggu.
  3. Diet ketat
    Diet ekstrim dan tidak seimbang akan menyebabkan berat badan turun dengan drastis dan secara tiba-tiba. Hal ini bisa memungkinkan terjadinya menstruasi tidak lancar pada wanita dan mengalami gangguan pada siklus haid mereka.
  4. Makanan instan ataub fast food
    Makanan instan yang mengandung zat kimia dan pengawet serta penyedap akan membuat tubuh dipenuhi dengan toksin atau racun. Keadaan seperti ini pada akhirnya akan memberikan suatu peranan terjadinya menstruasi tidak lancar dan tidak lancar.

Biasanya wanita yang mengalami keluhan menstruasi tidak lancar akan mengalami jerawat batu atau jerawat yang meradang didaerag dagu dan biasanya sering mengalami sariawan. Hal ini mungkin suatu kebetulan saja, namun kenyataan yang terjadi memang seperti itu. Cara yang bisa dilakukan untuk menghindari menstruasi tidak teratur adalah dengan minum air putih. Air putih merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk membantu mengeluarkan toksin atau racun di dalam tubuh yang menjadi penyebab utama dari masalah wanita mengalami menstruasi tidak teratur. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi juga akan membantu untuk melancarkan menstruasi bulanan Anda agar menjadi lebih teratur. Selain itu, lakukanlah olahraga ringan secara teratur. Aktivitas yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dalams etiap mingguya akan membantu untuk tubuh untuk bisa mengeluarkan racun atau detoksifikasi secara lebih alami lewat keringat.

PMS Sebelum Menstruasi


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi Tidak Lancar and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *