Keluhan Saat Menstruasi

Keluhan Saat Menstruasi – Ada beberapa istilah medis yang sering dijumpai untuk menyebutkan adanya gangguan pendarahan pada siklus haid. Diantara keluhan saat menstruasi tersebut adalah :

  1. Hipermenoria, yaitu pendarahan yang lebih banyak dari normal. Biasanya berlangsung lebih dari delapan hari. Ini karena terdapat gangguan pada uterus atau rahim.
  2. Polimenore yaitu pendarahan menstruasi yang tidak begitu banyak dan siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Biasanya diakibatkan dari gangguan ovulasi atau karena adanya penyakit sistemik yang berhubungan dengan system hormonal.
  3. Metriregia, yaitu pendarahan yang terjadi antara dua siklus haid dan darah yang keluar kebanyakan sedikit atau bahkan banyak
Keluhan Saat Menstruasi

Keluhan Saat Menstruasi

Lalu bagimanakah mengatasi keluhan saat menstruasi tersebut? Tentunya akan lebih mudah untuk menangani gangguan haid atau menstruasi tersebut bila kita mengetahui penyebabnya. Salah satu solusi untuk mengatasi keluhan tersebut antara lain dengan menggunakan ramuan atau obat-obat tradisional. Beberapa tanaman ini digunakan untuk mengatasi gangguan menstruasi antara lain adalah jinten hitam(nigela sativa), daun seribu (achillea millefolium), jahe sembung (blumeae folium), jahe (zingiberis rizoma) dan kunyit (curcuma domestica rhizoma). Jinten hitam dan daun seribu berfungsi memberikan efek relaksasi sehingga haid atau menstruasi menjadi lebih lancar. Daun sembung dan jahe berkhasiat sebagai antipasmodik atau mengurangi kram dan rasa sakit pada masa haid. Sementara kunyit mempunyai efek antibakteri dan juga memperlancarkan haid. Ramuan tradisional ini dapat digunakan untuk mengatasi terlambat bulan dan memperlancarkan haid.

Salah satu obat untuk melancarkan haid lainnya dan mengatasi keluhan saat menstruasi adalah kunyit. Di Indonesia, kunyit sering dipakai dalam proses pembuatan minyak kelapa. Mekanisme pengawetan ini terjadi karena minyak asiri yang terdapat pada kunyit dapat mengikat air melalui pemecahan ikatan ester jika konsentrasi kunyitnya lebih dari 4%. Sifat kunyit yang antioksidan ini juga telah diuji dapat mengawetkan minyak jagung. Rimpang kunyit merupakan obat. Dalam pengobatan herbal, sudah banyak jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan rimpang kunyit, seperti demam, pilek dengan hidung tersumbat, rematik, diare, disentru, gatal-gatal pada kulit, bengkak,rematik, bau badan, malaria, panas dalam atau  sariawan usus, dan sariawan mulut. Di samping itu, kunyit juga dapat menurunkan kadar lemak tinggi )hyperlipidemia), menyembuhkan nyeru dada, asma, rasa tidak enak diperut (dyspepsia), rasa baal dibahu, terlambat haid atau datang bulan karena darah tidak lancar, menstruasi tidak lancar atau teratur, sakit perut sehabis melahirkan, radang hidung, radang telinga, radang gusi, radang rahim, keputihan, radang usus buntu, radang amandel atau tonsillitis, penyakit kuning (jaundice), hepatitis, batu empedu, dan tekanan darah tinggi.

Selain keluhan saat menstruasi, menstruasi yang tidak teratur merupakan salah satu penyakit ginekologi yang biasanya banyak ditemui dan sering menimbulkan suatu penyakit. Menstruasi tidak lancar, menunjuk pada siklus haid, kuantitas, warna, kualitas yang tidak wajar dan disertai dengan adanya beberapa luka yang muncul pada sekitar tubuh. Dan hingga saat ini masih banyak wanita yang masih belum memahami siklus haid.

Gejala menstruasi tidak lancar bisa ditandai dengan seperti :

  1. Darah yang keluar dari dalam rahim yang tidak teratur. Termasuk salah satunya adalah menstruasi yang berlebihan waktunya lebih lama biasanya sering ditemui pada fibroid rahim, polip rahim, hyperplasia endometrium, endometriosis endometrium dal lainnya.
  2. DUB merupakan salah satu gejala menstruasi tidak lancar yang merupakan salah satu pendarahan rahim yang fungsional. Biasanya hal ini mengacu pada organ intim kelamin internal dan eskternal yang tidak mengalami suatu perubahan penyakit yang jelas, karena kelenjar endokrin yang mengalami kehilangan pada sistem kerjanya yang bisa menimbulkan suatu pendarahan yang terjadi tidak normal di daerah rahim.
  3. Menstruasi tidak lancar dengan gejala haid yang datang terlalu cepat. Haid datang cepat biasanya menunjukkan suatu siklus haid yang lebih pendek. Biasnaya pendek dari 21 hari, dan akan berlanjut sampai 2 minggu selanjutnnya.
  4. Periode menstruasi lewat dari 7 hari ke atas, bahkan sampai 40-50 hari dan setelah itu berlanjut muncul menjadi siklus mingguan yakni selama 2 bulan lebih.
  5. Menostatis : haid belum datang dari siklus haid yang sudah ditetapkan dan kemudian berhenti selama 3 minggu lebih, yang paling pertama adalah menostatis primer, yang nomor dua adalah menostatis sekunder.
  6. Jumlah haid yang lebih sedikit. Biasanya haid yang normal akan keluar sekitar 60-80, dan jika kurang dari 30 ml maka berarti jumlahnya lebih sedikit, jika melebihi 80 ml maka terlalu banyak.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah menstruasi tidak lancar adalah dengan minum obat herbal. Banyak sekali obat herbal yang saat ini dijual di pasaran. Kami jual produk Inti K & K Lancar Haid yang bisa membantu mengatasi masalah haid tidak lancar.

Keluhan Saat Menstruasi


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi Tidak Lancar and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *