Gejala Menstruasi Tidak Lancar

Gejala Menstruasi Tidak LancarMenstruasi Anda tidak teratur? Jangan terlalu cemas karena biasanya hal itu tidak mengindikasikan sesuatu yang berbahaya. Sebagian besar wanita pernah mengalaminya. Tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Siklus yang paling umum adalah 28 hari, tetapi dapat bervariasi dari 21 sampai 35 hari. Awal siklus maju atau mundur 1 sampai 3 hari adalah biasa. Perdarahan menstruasi pada umumnya berlangsung selama 5 hari, tetapi perdarahan hingga 7 hari masih dianggap normal.

Gejala Menstruasi Tidak Lancar

Gejala Menstruasi Tidak Lancar

Gejala menstruasi tidak lancar :

  1. Darah menstruasi yang keluar tidak lancar, terkadang banyak atau sedikit
  2. Sakit kepala, pusing
  3. Badan terasa sakit, terutama pinggang

Gejala Menstruasi Tidak Lancar diatas dapat disebabkan oleh tingkat emosional yang tidak stabil, ketidakseimbangan hormon, stress atau kondisi lain seperti kelainan rahim (fibroid, kista, polip, endometriosis), sindrom iritasi usus, TBC, penyakit hati, dan diabetes juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, meskipun jarang terjadi.

Saat wanita sedang mengalami mensytuasi, biasanya mereka akan mengalami suatu pendarahan yang normal terjadi sekitar 2-7 hari dan waktunya terjadi pada dua siklus haid dengan rentang waktu sekitar 28 hari. Pada masa pendarahan ini, maka darah akan keluar sebanyak 60-80 ml. Disaat menstruasi terjadi keluar dari batas normalnya tadi, maka disebut sebagai menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur.

Salah satu penyebab menstruasi tidak lancar adalah karena faktor kehamilan. Untuk wanita yang sudah berumah tangga  biasanya jika menstruasi yang terjadi tidak lancar maka hal ini bisa jadi merupakan salah satu terjadinya kehamilan. Dan selain itu juga untuk wanita yang mendekati masa menopause biasanya juga akan mempunyai peluang untuk mendapatkan kehamilan. Selain itu, gejala menstruasi tidak lancar pada wanita bisa juga diakibatkan karena seorang ibu yang baru mengalami proses persalinan. Disaat sedang menyusui bayinya maka seorang ibu biasanya akan mengalami suatu gejala menstruasi tidak lancar. Bahkan ada yang mengalami tidak menstruasi selama mereka masih menyusui bayi. Namun, tidak semua ibu hamil mengalami hal yang seperti ini. Pemasangan pada alat kontrasepsi pun merupakan salah satu dari masalah menstruasi tidak lancar.

Kontrasepsi yang mengakibat menstruasi menjadi tidak lancar adalah alat kontrasepsi yang bekerja dengan sistem kerja hrmon yang mempengaruhi menstruasi pada wanita dan biasanya lebih sedikit atau lebih banyak serta lebih lama mengalami menstruasi. Kontrasepsi seperti ini adalah kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, dan juga penggunaan susuk. Selain itu, wanita yang mengalami kenaikan berat badan yang drastis biasanya juga akan mengalami gangguan tiroid yang akan menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar dan menjadi tidak teratur. Selain itu juga penyakit polikistik ovarium yang ditandai dengan kenaikan berat badan secara mendadak dan berlebihan.

Penyebab yang tidak luput dari gejala menstruasi tidak lancar adalah wanita yang mengalami stres dan juga mengalami tekanan pada psikis. Dan ketidakteraturan yang terjadi ini akan menunjukkan gejala menstruasi tidak lancar seperti lebih panjang atau lebih pendek, lebih sedikit atau lebih banyak.

Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar, yakni adalah :

  1. Makanan asam
    Makanan asam bisa membantu untuk melancarkan menstruasi Anda. Makanan yang paling baik adalah asam jawa dalam bentuk permen atau bisa juga dalam bentuk minuman. Asam jawa mempunyai manfaat untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal sehingga membantu memgurangi sakit haid yang dirasa. Aroma dari asam jawa juga sangat enak dan rasanya juga cukup enak, jadi Anda bisa mengonsumsinya untuk membantu melancarkan menstruasi Anda.
  2. Buah-buahan
    Buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala menstruasi tidak lancar adalah dengan makan buah-buahan segar, jangan makan buah kalengan yang mengadung pengawet. Buah nanas dan juga buah pepaya bisa membantu untuk melancarkan menstruasi Anda.
  3. Cuka apel
    Cuka apel mempunyai manfaat untuk membantu melancarkan sistem menstruasi Anda. Anda bisa meminum cuka apel dengan cara diseduh atau bisa juga ditambahkan pada buah-buahan yang dimakan sebagai saus untuk salad. Manfaat lain dari cuka apel adalah untuk mengurangi kadar insulin di dalam darah dan bisa membantu menyeimbangakn kadar gula di dalam darah kembali. Untuk penderita penyakit maag, cuka apel sangat aman digunakan.
  4. Wijen
    Makanlah wijen semiggu sebelum siklus haid bulanan Anda datang. Makanan ini bisa membantu melancarkan haid Anda yang tidak teratur.

Dan selain dengan melakukan cara diatas, cara lain yang bisa membantu mengatasi menstruasi tidak lancar adalah dengan melakukan olahraga ringan secara teratur paling tidak 30 menit dalam sehari. Sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang berlebihan karena akan memicu kelelahan maksimal yang akan membuat menstruasi menjadi tidak lancar.

Gejala Menstruasi Tidak Lancar


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi Tidak Lancar and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>